Ide kering??

Beberapa tips mencari ide desain logo berdasarkan pengalaman pribadi, mudah2an kita cucok…

  1. Mencari dari teori

Teori apapun yang digunakan untuk membantu mencari tahu tentang perusahaan, misalnya: teori 4W+1H, What,Where,When,Who+How ada juga sih teori yang menambahkan dengan Which, dll. Anyway…teori apapun yang digunakan semua itu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang sedang kita buat logonya, misalnya: bergerak dalam usaha apa, bikin apa, dimana, siapa yang beli, bahkan sampai harga, dll. Kalau kita sudah tahukan enak tuh menentukan bentuk dan warna logonya. O ya jangan lupakan untuk mencari tahu tentang konsumen dari perusahaan tersebut.

  1. Cari tahu perusahaan pesaing

Kita juga perlu tahu logo dari perusahaan pesaing, tujuannya agar logo yang kita buat bisa melebihi atau paling tidak menyaingi perusahaan pesaing tersebut. Selain itu hal2 yang berhubungan dengan perusahaan pesaing pun harus kita ketahui misalnya: berapa harganya, dimana, siapa yang beli, dll termasuk mencari tahu konsumen dari perusahaan pesaing. Cari tahu juga seperti apa logonya, analisis kira2 apa yang inggin disampaikan oleh logonya dari perusahaan pesaing itu, yang disampaikan melalui logo itu pastinya merupakan kelebihan dari perusahaan tersebut.

Dari poin 1&2 saya sempet menyebutkan untuk mencari tahu tentang konsumen, kenapa? Karena logo ini dibuat untuk menarik konsumen. Konsumen yang di incar terlebih dahulu adalah konsumen yang sesuai dengan segmentsi pasar yang di buat oleh perusahaan tersebut, jadi cari tahulah konsumen berdasarkan segmentasi pasar dari perusahaan itu.

  1. Mencari kelebihan

Poin 1&2 digunakan untuk mencari tahu kelebihan dan kelemahan perusahaan yang kita buat logonya dan perusahaan pesaing. Mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing2 perusahaan tersebut akan membuat kita mudah dalam melakukan eksplorasi logo. Logo kita haruslah mengandung kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing, kenapa? Karena logo harus menarik oleh sebab itu logo harus menjadi kelebihan dari kelemahan logo perusahaan pesaing.

  1. Mencari warna&bentuk yang sesuai

Sudah tahu apa yang inggin disampaikan melalui logo? Selanjutnya hanya tinggal mencari bentuk&warna yang sesuai. Jangan dulu berfikir teralu rumit, buatlah bentuk2 yang sederhana yang dapat langsung menggambarkan perusahaan tersebut, misalnya: perusahaan donat maka buatlah bentuk donat dengan segala macam model donat (gambar donat dengan outlinenya saja, gambar setengah donat, gambar donat utuh, gambar donat yang sudah digigit, dll). Inilah yang disebut dengan sketsa awal.

  1. Mengeksplorasi logo

Dari semua sketsa yang sudah dibuat, pilihlah salah satu sketsa. Dari 1 sketsa pilihan itu, kita akan kembali mengeksplorasinya menjadi keputusan final/sketsa akhir.

  1. Bercermin lewat logo orang lain

Masih susah cari ide, bercermin lewat logo perusahaan lain termasuk perusahaan pesaing sah2 aja kok asal bukan mencontek abis, jalurnya hanya untuk mencari inspirasi.

  1. Berhenti sejenak dan mulai lagi

Masih mentok? Itu tandanya kepala anda sudah penuh. Keluarlah dari gua, hirup udara segar, lupakan sejenak tentang logo, refresh mata, pikiran, tubuh dengan melakukan hal yang lain. Dan ketika anda duduk kembali menghadapi logo, inspirasi baru akan datang ketika pikiran anda merasa segar (tips ini datang dari dosenku di UNPAS thanks ya pak…).

Kalau ada yang mau nambahin tolong ya…hehehehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: