Menjadi Tahu Dimana Gempa Berada

Baru-baru ini…(kira2 tahun lalu ^^) mas dcamz memberikanku software pendektesi gempa yang akan aktif bila internet menyala. Takjub sekali aku ketika pertama kali tahu bagaimana software ini berkerja dalam komputer, komputer akan bergetar ketika ada gempa di belahan dunia. Awalnya kaget sekali tiap kali komputer bergetar, yang kedua kalinya…masih tetep kaget tiap kali nyalain komputer yang udah tersambung dengan internet dan komputerpun langsung bergetar hehehehe…

Setiap saat itu pula aku melirik kebagian taskbar-ku, ada pemberitahuan gempa kecil di suatu negara dan aku jadi tahu bahwa setiap harinya bumi mengalami pergerakan yang di sebut gempa walaupun itu dalam ukuran kecil.

Namun akhir-akhir ini kejadian bergetarnya komputer memberikan ketakutan sendiri, pasalnya…malam itu software pendekteksi gempa memberitahukan adanya gempa di M 7.3, Haiti yang artinya gempa bumi sebesar 7.3 scala ritchter terjadi di Haiti. Malam itu, aku tidak berfikir panjang tentang gempa 7.3 SR di Hait. Malam itu aku tidak berfikir panjang tentang pemberitahuan gempa.

Yang ternyata esok harinya berita dari setiap chennel TV menginformasikan adanya gempa besar di Haiti, persis sama seperti yang diberitahukan software pendekteksi gempa malam itu.

Gempa di Haiti ternyata menewaskan ribuan  bahkan ratusan masyarakat Haiti. Hingga saat ini, korban gempa bumi di Haiti masih belum mendapatkan bantuan yang diperlukan akibat rusaknya pelabuhan,  ruas jalan yang dirintangi runtuhan bangunan dan juga padatnya bandara oleh masyarakat yang inggin menyalamatkan diri dengan pindah ke negeri tetangga Republik Dominika dan kota lain di Haiti Utara mempersulit jalur bantuan sampai ke tempat korban gempa. Seorang korban mengatakan “Kami tidak mendapat bantuan apapun, sama sekali tidak ada. Tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada obat-obatan, tidak ada dokter”, katanya. Penyelamatan korban yang tertimbun bangunan masih berlangsung bahkan baru-baru ini telah diselamatkan seorang anak balita dari dalam reruntuhan. Astaqfirullah mengerikan…

Sesaat aku tertegun, gempa bumi itu kuketahui sebelum TV menyiarkannya…rasanya seperti aku sendiri berada di Haiti.

Kemudian…

Setiap kali komputerku bergetar atas pemberitahuan gempa di salah satu belahan bumi membuatku merinding…seakan-akan aku satu-satunya orang yang tahu adanya gempa tetapi tidak dapat melakukan apapun untuk membantu mereka. Ah, aku ini memang bukan supermen rupanya…😦

  1. wah bisa dibagi donk mas softwarenya.

    ok:ok 😀

  2. boleh di bagi donk, software nya…
    sapa tau bermanfaat, secara kita di Indonesia ini juga rawan gempa….

    ok:ok😀

    • defrimardinsyah
    • Januari 19th, 2010

    OK,

    Mantap kali, nampaknya softwarenya harus di install di seluruh daerah rawan gempa di Indonesia… dan juga dilaptopnya Menko Kesra… biar siap-siap bantuan untuk bencana ..

    salam

    ok:di laptopnya menko kesra ide bagus😉

  3. software yg unik, tapi kok nampaknya malah bikin paranoid ya (heheh serem ngebayanginnya)

    ok:aku udh jadi korbannya mbak

  4. Menurutku software ini tidak mendeteksi gempa, tapi melaporkan gempa… (setahuku) gempa belum bisa diprediksi hingga saat ini, negara sangat maju sekalipun belum bisa memprediksi gempa (dengan tepat)… Koreksi jika salah…

    ok:terimakasih atas koreksinya, yup maksudnya itu u/mengetahui gempa berada😀

  5. Hidup dan mati urusan Allah, serahkan semua kepada Allah…

    ok:🙂

  6. iya boleh tau gak software pelapor gempanya..?

    ok:boleh akan segera diposting😛

  7. wah, software yg unik, pake sensasi getar kali ya penyebabnya🙂

    ok:wow sensasi getar terdengar…geli hehehehe

  8. aku dah dua kali merasakan getaran gempa… wah ngeri juga rasanya walopun dari kejauhan,tapi tetep ngeri…

    ok :yah…ngeri…palagi bayangin kita berada disana

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: