Pembunuh Wanita Itu Bernama…

Minggu-minggu ini saya sempat ditakutkan oleh ‘pembunuh wanita’ yang bernama kanker serviks, lalu karena penasaran saya cari info sebanyak-banyaknya. Bukan hal baru tapi ada kalanya kita harus terus diingatkan tentang hal-hal yang berbahaya seperti ini sebelum semuanya terlambat. Inilah info yang saya dapatkan, cekidot ya😀

Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang leher rahim/mulut rahim (serviks), kanker serviks disebabkan oleh :

1. Virus papiloma manusia, bahasa kerennya HPV (Human Papillomavirus). Yang melegakan, tidak semua varian HPV dapat menyebabkan kanker dan dapat hilang seiring dengan kekebalan tubuh yang baik namun yang lainnya berkembang menjadi kanker serviks yang menyebabkan infeksi yang tidak dapat disembuhkan.

2. Merokok. Tembakau dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga mudah terserang kanker serviks

3. Berganti-ganti pasangan seksual dapat memperluas penyebaran virus HPV

4. Hubungan seksual usia dini dapat menyebabkan infeksi yang dapat tumbuh menjadi virus HPV

5. Gangguan sistem kekebalan tubuh

6. Infeksi herpes genitalis

Gejala

Mengenai gejalanya, kanker serviks layaknya pembunuh bayaran profesional. Gerak gerik perkembangan kanker serviks tidak dapat diketahui dengan mudah untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan, namun ada tanda-tanda umum yang dapat diwaspadai untuk mencegah kanker serviks :

1. Adanya pendarahan yang tidak wajar pada bagian organ intim

2. Rasa sakit ketika melakukan hubungan bagi suami istri

2. Ada cairan seperti keputihan tetapi yang ini tidak berwarna dan tidak berbau

3. Adanya benjolan seperti tumor di leher rahim

Untuk memastikan, lakukan pemeriksaan :

1. Pap smear/Papanicolaou smear dengan mengambil sample sel-sel leher rahim untuk kemudian dianalisa.  Dengan melakukan pap smear secara rutin dapat mengurangi jumlah korban kanker serviks di seluruh dunia

2. IVA/Inspeksi Visual Asam Asetat dengan cara mengoleskan asam asetat kemudian bila terjadi perubahan warna menjadi putih maka harus diwaspadai adanya kanker serviks namun pemeriksaan lebih lanjut di anjurkan untuk lebih meyakinkan

3. Thin prep, metode ini lebih akurat dibanding pap smear karena memeriksa seluruh bagian leher rahim.

4. Kolposkopi, bila pemeriksaan diatas menunjukan infeksi/kejanggalan maka tindakan selanjutnya adalah dengan menggunakan alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mengamati bagian yang terinfeksi apakah terdapat jaringan yang tidak normal, lalu mengambil sejumlah kecil jaringan tersebut untuk diteliti. Baru kemudian pengobatan kanker serviks dimulai.

Pengobatan

Mengingat kanker serviks bisa menyerang siapa saja baik remaja putri, dewasa maupun kaum ibu, maka ada baiknya bila kita melindungi diri dengan melakukan suntikan serviks. Suntikan serviks/vaksin serviks ini dapat berkerja optimal pada remaja putri yang belum menikah/belum pernah melakukan hubungan seksual, sedangkan untuk kaum ibu sebaiknya rutin cek pap smear untuk mengetahui keberadaan kanker serviks sejak dini.

Bila kanker serviks berada pada stadium lanjut, maka akan dilakukan kemotrapi, bahkan bisa juga dilakukan tindakan pengangkatan rahim secara total. Beberapa pengobatan bertujuan untuk mematikan sel-sel yang mengandung virus HPV dan metode lainnya adalah dengan menyingkirkan bagian yang terinfeksi.

Jadi, jagalah kesehatan diri demi diri sendiri, keluarga dan demi pasangan hidup😀 bila tidak maka akan ada banyak orang yang bersedih…mereka adalah orang-orang yang mencintaimu🙂

  1. ini pembunuh wanita aja y mbak..ada juga pembunuh laki laki juga namanya wanita😀 tapi yang dibunuh hati, jiwa dan perasaannya ( gaje ni saya hehe makasih malam2 dah berkunjung ^^ )

    ok:haghaghag…bisa aja kang ian nih😀

  2. hehehe.. kirain apa, ternyata.. ok, nice post, buat diinformasikan ke saudara2 yang perempuan.

    ok:makasih, tulung disebarkan ya agar lebih banyak wanita terselamatkan🙂

  3. ..
    Baca judulnya kirain fiksi pembunuhan.. He..he..
    ..
    Semoga artikelnya bermanfaat..😉
    ..

    ok:hihihihihihi…tertiiiiipppppuuuu…

    • Duta Aurora
    • Mei 19th, 2010

    Woow.. artikel yang memberikan pencerahan dan sekaligus membantu menyebarkan info mengenai Pencegahan dini terhadap bahaya Kanker Serviks yang menyerang kaum hawa,

    Hal ini menunjukan kepedulian mba tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama untuk perempuan Indonesia

    Salam

    ok:smoga wanita indonesia sehat selalu

    Duta Aurora
    Di Tepian Selat Sunda

  4. Postingan yang bagus, sangat bermanfaat

    ok:makasih mbak, smoga sehat selalu

  5. semoga tak banyak memakan korban

    ok:amin mudah2an kang🙂

  6. wah.. makasi ya mbak infonya..🙂

    ok:sama2 mbak, smoga dihindarkan dari kanker serviks

    • yanrmhd
    • Mei 19th, 2010

    hidup sehat semua bahagia…:mrgreen:
    jagalah kesehatan karena itu amat berharga
    bagus infonya ok, jadi tau dah
    sekarang mah pa itu kanker serviks…

    salam sehat selalu 🙂

    ok:sama2 kang, salam sehat jga😀

  7. srem jg y mbak🙂

    kita emang harus lebiah aware ama hal2 yang kayak gini😀

    ok:harus mbak

    • julianusginting
    • Mei 19th, 2010

    ihhh.ngeriiiii…..

    ok:tuhkan serem, hayoo selamatkan perempuan dari kanker serviks

  8. kirain pembunuhnya para lelaki yg kejam dan tak punya hati hehehe😛

    ok:bisa bisa bisa…*kaboooorrrrrr

  9. cek pap smear itu brp bln sekali yach..? Seumur-umur baru sekali diriku pap smear. Thx dah diingetin

    ok:klo di luar negeri 2 tahun sekali tapi di Indonesia setaun sekali, smoga sehat selalu ya mbak

  10. Wahh sungguh kejam “si SERVIKS!!”

    ok:kejamnya kejamnya kejamnya…*roma irama tune up

  11. salam kenal
    asyik juga postingnya
    makaci ya

    ok:salam kenal kang

  12. info yg layak tuk disimak oleh siapapun juga yg peduli sama kesehatan
    salam hangat dari blue

    ok:salam hangat blue, smoga infonya bsa membantu

    • abu ghalib
    • Mei 20th, 2010

    kanker itu sadis amat ya…?

    ok:banget…😦

  13. warning buat para wanita..
    untung saya cowok..hehe

    ok:hihhihihi…tapi ikt bantuin jaga wanita dri pembunuh ini ya

  14. ya, karena kadang ketahuannya sudah stadium lanjut, semoga kita terhindar ya. AMIn🙂

    nais inpoh, laik dis🙂

    ok:amin…

    • hellgalicious
    • Mei 20th, 2010

    beeh serem amat deh yaa
    hiii

  15. Sudah selayaknya kita sebagai remaja harus pandai-pandai menjaga kesehatan ya kak. Kalau ada keluhan/gejala tertentu, mesti harus cepet konsultasi ke dokter, biar lebih cepat terdeteksi, betul-betul betul?

  16. Kanker rahim memang sangat berbahaya mbak. Dulu mbakku hanya bisa bertahan hidup 2 tahun setelah mengidap kanker payudara, sampai botak itu kepala dan habis total itu usus ama puting beliungnya.

  17. Kalau sudah ada gejala servick harus segera mendapatkan penanganan khusus lho mbak, jangan sampai stadiumnya meningkat.

  18. Semoga aku nggak sampai kena kanker servick deh. Salam kenal mbak. Pendatang baru nih (Eny – Semarang)

  19. Kalau simbah laki-laki mungkin bisa kena kanker rahim nggak ya nak?

  20. Duh…mudah-mudahan jangan sampai deh Embak OK kena penyakit tsbt. Masalah comment luv, enggak muncul apa enggak update, galau gak muncul, di bwh kotak komentar plugin CL dikasih tanda centang udah? kalau masalah gak update, saya kurang tau. blognya temen saya Mbak Lia juga begitu, pdhl udh bnyk posting baru tapi di CL msh muncul posting terdahulu.

  21. Tukar link boleh mbak?

  22. salah satu ‘pembunuh’ wanita terbanyak di dunia🙂
    turut prihatin.

  23. thanks ya udah dirangkum sedemikian jelas

  24. Mari kita jaga kaum wanita kita.🙂

    • rainbroccoli
    • Mei 20th, 2010

    Penyakitnya emang serem…
    Susah ya jadi wanita…
    Tapi saya tetep bersyukur dilahirkan sebagai wanita…
    Karena banyak kemuliaan diberikan bersama perannya
    Salam kenal…🙂

  25. weeee..lengkap..thx for sharing…

  26. ih ngeri…

  27. Ga disebutkan obat atau ramuan yang mampu mencegah kanker ini y?

    ok:jalan yang paling ampuh saat ini adalah suntik serviks dan cek papsmear rutin lalu pencegahan dari diri sendiri

  28. selamat hidup sehat, saya ga bisa komen banyak karna ga punya sodara cewek dan masih bujangan, hehehe

    ok:hehehehe makasih kang, sama2 jaga kesehatan

  29. lebih bersih lebih baik apa lebih baik bersih bersih????

    yang pasti semua ada penangkalnya….

  30. seremmm sekarang di berita banyak wanita terkena kanker ini >,<

  31. Semoga para wanita semakin berhati2 dari pembunuh ini

  32. semoga jauh dari pembunuh itu

  33. salam kenal… jadi tahu aku…

  34. Sorry baru berkunjung balik nih….hampir seminggu absen. Sibuk sekali. Btw artikelnya oke punya.
    salam

  35. serem juga yaa… kanker itu pembunuh.
    semoga sebagian besar wanita, terjauhkan darinya

    • Delia
    • Mei 21st, 2010

    wahh benar2 berbahaya ya😦
    aq pernah baca juga…
    harus benar2 jaga diri.. tp seperti kata mbak oyen..
    kadang tau nya kalau udah stadium lanjut😦

  36. kasian ya nasib para wanita yang terkena kanker ini

  37. Artikelnya bagus, smoga bermanfaat buat para wanita khususnya….

  38. Perempuan memang psling banyak penykitnya ya… serem juga karena kadang sakit itu bisa datang begitu saja..

  39. Perempuan memang psling banyak penykitnya ya… serem juga karena sakit itu bisa datang begitu saja..

  40. nice info mbk.hehehe
    Salam kenal😛

  41. selamat pagi, sudah ketemu belum tersangkanya😀

  42. sengeri itu ya….

    • darahbiroe
    • Mei 25th, 2010

    temenku
    juga ada yang kena kanker servik
    smoga ajah sembuh
    amien😀

  43. mengerikan, temen ane juga meninggal melalui ini.

    ok:smoga ga ada lagi wanita2 yang meninggal karnanya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: