Croping Menggunakan Xara

Maafkan saya sobat belum sempat ok blogwalking sampe selesai sudah membuat postingan baru ^^! mohon maaf…kalau ok telat berkunjung atau membalas semua komen-komen sobat semua bahkan ada link teman yang berlum terpasang (tapi sekarang udah hehehehe…), maklumlah namanya juga internet nebeng kantor xixixixi…

Ilmu yang ok bagikan ini bukan ilmu baru juga bukan ilmu penting tapi patut disimak hehehehe…

Dasar dari semua software multimedia (corel, photoshop, xara) adalah memotong/croping, tapi ini kegiatan paling nyebelin karena ribet:mrgreen: tapi tapi…croping pakai xara menyenangkan lho… Gini caranya :

1. Buka xara jangan photoshop/corel ntar tutorialnya gak nyambung xixixixi…, buka new

2. File > open untuk mengambil foto yg mau di croping atau bisa langsung tarik dari explore ke xara

3. Bila perlu perbesar gambar agar bentuk gambar lebih jelas terlihat sehingga mudah u/di croping

4. pilih shape editor > pilih make line ‘L’

5. Kemudian klik pada gambar hingga membentuk garis > untuk membentuknya arahkan shape tool pada garis yang dibuat hingga shape tool berubah jadi tanda segitiga > klik dan tahan lalu geser ke arah luar hingga garis melengkung

bila diperhatikan, setiap kali kita membuat garis dengan shape tools ada 2 titik yang muncul di kiri dan kanan/atas dan bawah (tergantung penafsiran hehehehe…), itu fungsinya untuk membentuk garis mengikuti liuk gambar

6. Lakukan memberi shape tools sampai bertemu kembali dengan titik awal kita memulai, tanda shape tool sudah bertemu adalah gambar menjadi hitam seperti ini :

7. lalu drag/select semua gambar > klik kanan > pillih combine shape > pilih intersect shape,

8. Lalu tambahkan change size of feather region agar sisi-sisi gambar menjadi halus, ukuran feather bisa disesuaikan

dan hasilnya adalah…. taraaaaaaaaaaaaaaa done!

gampang sekalikan, ok yakin sobat bisa bikin yang lebih rapih๐Ÿ˜€

  1. ..
    Aku biasa pake’ Cs sih..
    Emang banyak sekali teknik croping..
    Ada yg pake’ pen tool, laso, brush..
    Tergantung selera..๐Ÿ˜‰
    ..
    Dah lama lho ok gak mampir tempatku, di tunggu ya..๐Ÿ˜‰
    ..

    ok: huaaa maafkan aku >_<

  2. Mau nanyak mbak OK ,,, ni Xara tu software untuk Windows or Linux ya … baru dengar soalnya

    ok: untuk windows kalau linux belum tau xara bisa dipake atau nggak

  3. saya juga baru ndenger xara..ada juga kara santan buat masak xixi
    makasih mbak ok atas tutorialnya ^^
    selamat pagii…

    ok: hihihihihi…siangggg…

  4. oo xara juga ada photo editornya ya, saya biasa pakai fireworks klo ngedit gbr

    ok: iya ada, saya malah ga ahli dengan fireworks masih newbie bgt๐Ÿ˜€

  5. Bagus-bagus..tips yang bagus

    ok:
    hehehehe….makasih kang

  6. Saya cropping dengan menggunakan Pixelmator.๐Ÿ™‚

    ok: hehehehehe…xara jga bisa dicobain lho kang

  7. Tambah pengetahuan buat saya mbak, suatu waktu mungkin bisa praktek.

    ok: monggo dipraktekin kang

  8. wah, bisa dicoba nich…terimakasih tutorianya, moga2 softwarenya bisa dicari..๐Ÿ˜€

    ok: bisa kok coba aja di download

  9. ling download softwarenya mana mba??

    ok: iya ya saya nggak kasih hehehehe…coba di download disini

  10. coba ahhh๐Ÿ™‚

    ok: monggo dicobian๐Ÿ˜€

  11. XARA? belum pernah denger…

    ok: klo kara atau sara udah pernah dengarkan? nah ini beda ma kara/sara hehehehe…xara termasuk software multimedia jga mbah

  12. kadang aku juga pake tapi paint …makasih tas infonya moga sukses………..

    ok:pake mana aja jga ok, yang penting menguasainya dan nyaman dipake๐Ÿ˜€

  13. wah mantap . .
    kbtlan lg belajar design ini . .
    salam kenal . . .

    ok:salam kenal, tukeran ilmu yuk๐Ÿ˜€

  14. Klo ane biasa cropping pake Ms. Word, makin konvensional. akakakak
    Agak ribet juga klo pake yang lain.๐Ÿ˜€
    Ntar klo udah dapet ane coba mbak!

    ok:masa?saya ga tau word bisa croping hehehe…aku gaptek di word malah๐Ÿ™‚

  15. salut lah … sudah Opensource … enggak pake bajakan lagi:mrgreen:

    ok:mantab >_< pokoknya…

  16. Enakan mana nih pake Xara sama Photoshop????

    salam

    ok:klo menurut saya, tergantung kebiasaan aja sob…klo biasa pake photoshop ya enakkan photoshop

  17. salam .

    mau coba ah ilmu yang sangat Bermanfaat ..makasih telah berbagi

    ok:monggo dicoba pak๐Ÿ™‚

  18. Boleh jug nh dicoba yaaa…

    okmonggo dicoba, smoga berhasil๐Ÿ˜€

  19. effect2 nya banyakan mana dengan photoshop?
    lama juga ndag kesini๐Ÿ˜†

    ok:klo menurut aku, sama banyaknya cuma masing2 punya kelebihan dan kekuranganlah…yang ga dimiliki oleh masing2 software

  20. ini ilmu baru bagiku, terima kasih atas berbaginya

    ok:sama2 pak๐Ÿ˜€

    • julianusginting
    • Juni 29th, 2010

    wah informasi menarik dan patut dicoba..๐Ÿ™‚

    ok:dicoba dong, gakan rugi deh๐Ÿ˜›

  21. waa.. jadi semua kena cropping ya? kerenn..
    xara itu portabel nggak?
    berapa kapasitasnya?
    di mana downloadnya?

    ok:ada yg portablenya kok bisa dicari di google ^^ maaf saya lupa alamat downloadnya, ada jga yg instal bisa di download disini

  22. xara wah…baru dengar. maklum gaptek multimedia bos… tar ta coba dech.
    biasanya hanya pake CS…

    ok:hehehehe…xara fungsinya sama kaya CS kok

  23. saya maafkan. dan salam kenal๐Ÿ˜€
    salam persahablogan

    ok:terimakasih…tolong dimaafkan ya…bener ya…tolong ya…janji ya…bener ya…^^

    • hellgalicious
    • Juni 29th, 2010

    waaah nice info nih

    tapi gue udah terlanjur cinta sama sotosop
    jadi blom pernah nyobain make xara

    ok:hehehehe…

  24. Aku selalu gagal kalo crop2n kayak gini, huhu

    ok:hehehe..croping emang nyusahin butuh kesabaran, nanti aku kasih trick lainnya sapa tau bisa diikuti dan lebih mudah

  25. wowowow mantabbb baru tahu nich yang beginian
    tx ya

    ok: >_< mantabbbb…

  26. ini yang aku cari non
    makaci ya

    ok:sama2๐Ÿ™‚

  27. salam kenal ya…

    ok:salam kenal kang

  28. Xara itu apa sih mbak?

    ok:software multimedia kang fungsinya sama kaya corel, photoshop, firework, dll

  29. Saya paling ngecropnya makai Ms. Office PM mbak.

    ok:wahhh…aku malah baru tau office bisa croping, maklum gaptek office:mrgreen:

  30. Kayaknya ini mirip dengan GIMP ya mbak, betul betul betul?

    ok:yup…sejenisnyalah…

  31. Waw, luar biasa kak. Bagus banget ya.

    ok:makasih…๐Ÿ˜€

  32. Simbah belum begitu tahu tentang ngecrop itu mbak, mohon bimbingannya yah. Ngeblog aja masih belepotan.

    ok:hehehehe…sama2 masih belajar kok mbah

  33. Kayaknya perlu dicoba nih, makasih ya tutonya.

    ok:coba dong

  34. wahh… aku baru coba. betul2 menyenangkan like you said๐Ÿ˜€ !

    ok:slamat berkreasi kang๐Ÿ˜€

  35. aku lum punya program xara nya neh mbak..kayanya seru juga ya..

    ok:seruu kok mbak bisa buat narsis narsisan…xixixixi…

  36. Wah bagus juga gan tipsnya keren-keren. Maklum penguna baru dalam hal p\sotoshop jadi kurang pasih. thank ya gan

    ok:sama2 masih belajar kok…tpi ini bukan photoshop, sapa tau aja bisa buat menambah ilmunya

  37. berkonjong nompang main krop…hihihi…

    ok:eits…jgn crop bagian komentarku… T_T

  38. Wow…Nice tips Ok, thanks yah

    ok:sama2…

  39. teknik crop memang banyak sekali macam dan jenisnya, saya biasa pake PS atau corel mungkin akan lebih baik jika mencoba sesuatu yang baru biar lebih smoth hasilnya
    Sukses Slalu!

    ok:banyak banget malah, pake photoshop aja teknik crop ada macem2…sukses jga sob

  40. Ngga kenal ma Xara…ngga bs nyoba dech….cropnya pake Paint aja dech,,,hihiihi

    ok:kenalan dlu dong…hehehehe

  41. Terimakasih banyak untuk informasinya …
    sangat membantu sekali …
    saja coba yah …
    Salam Hangat dari Kalimantan Tengah.

    ok:salam panas dari banten๐Ÿ™‚

    • Bee’J
    • Juli 3rd, 2010

    okelah kalo begitu, tapi aku belum ada softwarenya tuh… gimana dooong?๐Ÿ˜€

    ok:softwarenya bisa didownload dari mana aja kok…mudah ditemukan

  42. Asik ada ilmu baru :d thanks ya…

    ok:ok sama2…

  43. salam kenal,by blogwalker
    blog yg bagus sekali,
    ane tertarik untuk mengajak agan bertukar link dngn blog ane yg baru ber PR3 http://agrit.web.id and http://www.unek2ku.co.cc, jika berminat, konfirmasi ane via komentar di salah satu artikel saya, kl bisa link saya sudah dipasang dengan anchor : Marketing and Business, ma business online ya. trimakasih
    skalian mau numpang info ya bagi temen2 yang ingin bertukeran link dengan tujuan sama sama meningkatkan traffic, kunjungi blogku yg baru PR-3 di sini, http://agrit.web.id dan http://www.unek2ku.co.cc , kita tukeran link gratis bagi sapa aja, pasang ke-2 linkku di web/blogmu, kl bisa link saya sudah dipasang dengan anchor : Marketing and Business, ma business online ya, kl sudah, konfirmasi via komentar. ane cek setiap hari, jd jangan kuatir kl g dipasang….

    ok:ok sip ntar aku pasang ya…segera dikonfirmasikan

    • ahsanfile
    • Juli 15th, 2010

    Wah ada aplikasi alternatif selain corel dan sotosop yaa…
    baru teu neh…

    salam dari http://ahsanfile.wordpress.com

    ok :sebenernya ada banyak tapi aku sendiri ga banyak menguasai๐Ÿ˜€

  44. baru tahu ya saya, terima kasih informasinya buat referensi. Salam kenal dulu dari pekalongan kota batik.

    ok :salam kenal jga kang dari banten๐Ÿ˜€

  45. sudah terbiasa dengan photoshop dan coreldraw . . . .

    • Nisa Al-Khansa
    • November 11th, 2010

    Wah.. ko saya udah sampai tahap gambar hitam semua, pas klik kanan Combine Shapes tapi gak bisa klik intersect Shapes. Itu gimana ya?

    • fathan zahran
    • Juni 20th, 2012

    gan, bagus juga nih tutorialnya. pas ane googlng masih jarang tutorial xara. coba di tambaha aja gan tutorialnya. ane coba xara untuk buat gambar 3 dimensi dengan cara import tapi backgroundnya masih ngikut. jadi mau gak mau harus di crop2 juga. kalo mau nge-crop objek yang ada lubang di tengahnya gmana gan???

  46. Heya! I’m at work surfing around your blog
    from my new apple iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look
    forward to all your posts! Carry on the outstanding work!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

