Diam ga Pernah Salah

Postingan ini sudah beberapa kali ok mau ungkapkan tapi sulit sekali untuk mengungkapkannya dalam kata-kata, semoga maksud artikel ini bisa dimengerti :mrgreen:

Sering kali ok mengalami masalah dalam memberikan pendapat/masukan/memberikan argumentasi terutama bila sudah berhadapan dengan orang yang notabennya sudah berumur/memiliki jabatan. Semakin bertambah umur/semakin tingginya jabatan, biasanya memang semakin sulit dihadapi, karena beliau-beliau memiliki kebenarannya sendiri. Kebenaran itu terkadang datang dari pengalaman beliau semasa hidup, dan terkadang datang dari keyakinan beliau dalam mempercayainya dan kebenaran ini biasanya diturunkan kepada keluarga, teman dan rekan, memang tidak ada yang salah bila kita memiliki pendapat yang sama tapi sulitnya bila kita memiliki pendapat yang berbeda. Maksud hati hanya ingin memberikan masukan, atau mengutarakan pemikiran tetapi yang terjadi adalah dianggap ngelunjak (membangkang)/berani…

Bila kondisi tidak memungkinkan untuk mengutarakan pendapat maka, diamlah…sambut ucapan-ucapan beliau dengan senyum. Generasi kita memang diajarkan untuk kritis terhadap segala sesuatu yang dianggap tidak tepat, tetapi ada kalanya kita harus bisa mengerem pendapat-pendapat kita dan menjadi pendengar yang baik. Diam, bukan berarti kita menjadi pecundang, juga bukan berarti kita tidak berani berbicara, juga bukan berarti kita terinjak-injak/teraniyaya secara verbal, juga bukan berarti pendapat kita yang salah, diam bukan berarti kita kalah…

Justru dalamnya diamnya mengisyaratkan kemenangan atas sebuah nafsu untuk menang, kemenangan atas sebuah ego untuk menjadi paling benar, kemenangan atas pengendalian diri, kemenangan atas menjaga lisan, kemenangan atas emosi yang menguasai… Diam adalah kemenangan, diam ga pernah salah…

Bayangkan bila kita terus berusaha untuk memasukkan pendapat kita..bayangkan suasana dipenuhi luapan emosi untuk menjadi paling benar, bayangkan masalah-masalah yang akan timbul setelah kita tidak dapat mengendalikan sebuah lidah…

Tidak ada yang salah dengan diam…

  1. sama mbak, kalu bicara didepan orang, biasanya aq gagap… bingung…

    salam kenal ^_^

    ok :salam kenal jga mbak…

  2. mending diam, daripada ribut😀
    diam bukan berarti kalah, memang lebih baik diam untuk mengalah..🙂

    ok :yup itu dia…daripada ribut mending ngalah

  3. Diam memang tidak salah tai jangan diam dalam sebuah kebenaran yang harus dikatakan

    ok :mmm…tergantung bagaimana sikonnya dan dgn siapa lawan bicaranya, karena masing2 lawan bicara butuh teknik sendiri…klo sama orang tua/atasan harus lebih hati2…kupikir begitulah…

  4. Ternyata diam itu memang emas dari pada bicara banyak dosa

    ok :yup betul, kadang2 bicara benar bisa jadi dosa kalau memaksa u/terus bicara pedahal sikonnya ga kondusif jadi lebih baik diam dulukan…

  5. setuu siih mba.. tapi jangan diem tapi hati nya mengumpat../ menggerutu… hehehhe ….

    ok :nahhh…itu ga boleh

  6. yang parah kalau diam tapi dibelakangnya menusuk….

    ok :itu gak boleh

  7. Diam itu emas…

    ok :emas seliternya berapa ya bang?hehehehe…

  8. diam bukan berarti tidak tahu

    ok :yo i

  9. oke banget artikelnya,,,

    ok :maksih….

  10. terlalu banyak bicara juga terlalu banayak bohongnya

    ok :😀

  11. benar mbak ok..didalam diam terdapat banyak hikmah yang ada kita adalah sering2 berfikir sebelum berkata🙂

    ok :yup, setuju kang

  12. Banyak makna sich dengan kata diam, jadi mending ane diam adja😐

    ok :diam itu juga bisa memberikan sebuah pelajaran penting

  13. Katanya diam itu emas, makanya dengan banyak diam kita sesungguhnya lagi menyimpan banyak emas😆 . Tapi diam itu juga merupakan suatu sikap yang harus dihargai karena saya juga kalau lagi gak mood sama sesuatu lebih baik diam karena kalau banyak kata dan omongan malah leih banyak mudhorotnya😎
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ok :salam kang sugeng…smga sehat selalu

  14. wah kalau saya mengajar di kelas murid saya pada diam semua .. bisa gawat .. xixixixi … kalau ditanya juga diam bisa bahaya …
    (becanda) …

    ada pepatah mengatakan lebih baik diam daripada banyak bicara tak bermakna … heee.

    Salam kenal dari Kalimantan Tengah.

    ok :salam kenal dari banten😀

  15. silence is golden hanya berlaku pada kondisi tertentu, pada kondisi yg lain, kita harus berani mengangkat suara

    ok :ahh saya mah masih liat sikon aja deh…gak mau langsung tabrak hehehehe…

  16. aku juga gitu. aku sering dimarahi Bu J. aku dengarkan saja. aku mau marah tapi dia pasti bakalan tambah marah., menurut resep komunikasi kalau orang marah dengarkan, telan lalu buang di WC.

    ok :begitulah yg kualami….

  17. tapi jika yang akan disampaikan adalah kebenaran, mendiamkannya adalah kesalahan.

    jadi, cara menyampaikan, itulah yang mesti kita perbaiki, sebagaimana dulu hasan-husen ( cucu rasulullah ) menasehati seorang kakek-kekek tentang cara berwudhu’ yang benar

    ok :yup, cara halus dan liat sikon…kalau dirasa belum cukup baik sikonnya jgn diucapkan dulu, bener ga?

  18. ada saat kita diam, ada saat kita harus bicara dan mengutarakan pendapat.

    salam kenal dari makassar.

    ok :salam kenal kang

  19. kalau menurut saya, katakan kebenaran walaupun pahit yang kita terima

    ok :aku pikir bukan pahitnya yg jadi masalah, lawan bicara kita bisa terima gak dgn pendapat/masukan yg dikemukakan ^^

  20. Orang yang pendiam biasanya lebih tau jika di bandingkan orang yang banyak bicara….,

    ok :hehehehe…smoga aku termasuk org yg banyak tau😀

    • Bee’J
    • Juli 25th, 2010

    manusia yang tidak waspada
    akan di rundung petaka
    karena ucapannya

    berbahagialah bagi yang memiliki lisan
    yang selalu berkata baik, benar atau Diam

    ok :alhamdulilah…

  21. diamnya mega ketika mendapat banyak masalah pas menjadi presiden juga banyak yang menanyakan

    ok :😀

  22. Yup🙂

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan🙂

    ok :haduhh…pa kabarnya pria yang baru menjabat sebagai suami?smoga kang achoey dan istri sehat selalu🙂

  23. diam jika pada saatnya diam

    tp bicara jika pd saatnya juga…

    🙂

    kalo diam, kpn nge blognya dong??😀

    ok :baiklah…aku akan bicara, jgn pisahkan aku dari blog!! *lebay mode on

  24. hahahahaa….memang lebih baik diam dari pada kosong bunyinya

    ok :yo i pak

  25. seperlunya saja tuk diam dan katakan jika tidak menimbulkan mudharat

    ok :betul!!

  26. setuju banget mbak ama postingannya..

    ok : siiipppp >_<

  27. ..
    Kalo dalam situasi seperti itu..
    Aku juga akan diem..
    Istilahku mengosongkan gelas..
    Menganggap diri goblok dan gak tau apa2..
    Justru dengan diam kita bisa menyerap ilmu dari lawan bicara..😉
    Coba kalo kita ngotot, buang energi dan gak dapet apa-apa..🙂
    ..

    ok :yup, klo ngotot malah jadi cape sendiri…

  28. kalau hanya diam itu suatu kesalahan😀

  29. lama gak kemari😀

  30. setuju……… kalo disahutin terus malah ga selesai2…. dan kesannya ga menghormati…… diam saja lah…. hha..:mrgreen:

  31. iya mbak.. darpada salah2.. lebih baik sy diem aja ^^ hehehhehe

  32. Ada saatnya untuk diam, ada saatnya juga untuk berbicara..🙂

  33. Menurut saya sih diam itu tidak salah.
    Tapi sebaiknya bisa saling diskusi. Mungkin waktu dan tempat yang kurang pas kali ya.. kadang kalau situasinya lagi enak, entah lagi santai2, bisa saling diskusi, jadi kesannya doi gak merasa dilawan… maklum kan udah tua… :))

    • Kak Zen
    • Juli 29th, 2010

    Hmm komentku gak keluar mb.hehe

  34. mmmm…diam adalah emas

  35. Diam tidak salah?

    Tapi ada kalanya, karena kita diam justru dianggap salah😦

  36. Ada saatnya diam adalah emas.. ada saat hanya kuning biasa..
    tapi memang lebih baik diam sih, daripada bicara yang engga baik..
    salam kenal mbak😀

  37. bener juga nih,, hehehe🙂

    • Abu Ghalib
    • Juli 30th, 2010

    asal jangan diam2 menghanyutkan😀

  38. Jika kita tak bisa berbicara dengan baik,lebih baik diam.
    Tapi lain lahlnya jika dalam diskusi, kalau kita diam ya nggak bagus donk
    Beda pendapat sah-sah saja, namun cara menyampaikannya harus baik, ada alasan , jadi bukan asal beda saja.
    Kritis juga boleh, anya harus ada alasan yang masuk akal, jangan asal bengak-bengok

    Salam hangat dari Surabaya

  39. setuju….

  40. Kalau tidak bisa berbicara dengan baik atau kalau bicara bisa menimbulkan reaksi negatif memang lebih baik diam saja…
    Setuju deh …

  41. mendebat sebuah argumentasi tidak sesederhana bahwa pendapat kita lebih tepat/benar,… butuh seni dan ketrampilan.., sehingga tanggapannya tidak terkontaminasi dengan emosi patner

  42. diam….? saya terlambat bilang cinta ke gadis yang saya sukai gara2 saya diam

    sekarang gadis itu sudah punya pacar @,@

  43. Biicaralah dgn kata-kata yg baik
    Jika tiak bisa, diemlah lebih baik.
    Diem itu emas, tapi dieman asem.

    Salam Kenal!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: