Kesalahan Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Ini kiriman dari seorang sobat😀 Hari namanya (ah, percuma di klik sang empunya nama belum punya blog dan belum ku pengaruhi untuk punya blog xixixixi…). Mungkin artikel ini juga sudah gak asing lagi bagi sobat bloger, tapi gak ada salahnya di ingatkan kembali…bukankah manusia adalah mahluk yang lalai yang harus terus di ingatkan🙂

Sebaiknya ini tidak terjadi :

1. Tidak mengetahui hukum-hukum berpuasa serta tidak menanyakannya.

Bukankah lebih baik, kita mengetahui hukum-hukum berpuasa sehingga kita dijauhkan dari hal-hal yang membatalkannya dengan begitu sempurnalah puasa kita, (Qs. An-Nahl: 43) “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan , jika kamu tidak mengetahui”

2. Menyambut bulan suci Ramadhan dengan hura-hura

Sering kali kita menjumpai, penyambutan puasa dilakukan dengan puas-puas bermain, tapi alangkah lebih baiknya bila kita melakukannya dengan berdzikir dan bersyukur kepada Allah SWT bahwa kita masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan puasa untuk memohon ampunan.

3. Mengenal Allah SWT. hanya pada bulan Ramadhan saja

Nah yang ini juga tidak bisa dipungkiri karena terkadang kita hanya mau sholat, mengaji, berdzikir, mengingat Allah SWT hanya ketika bulan Ramadhan sedangkan dibulan-bulan sebelumnya/dibulan sesudahnya kita melalaikan perintah Allah SWT. Sayangkan, lelah berpuasa tapi tidak ada satupun hikmah yang dapat diambil

4. Kesempatan bermalas-malasan

Pada bulan Ramadhan memang banyak kantor, sekolah, toko-toko yang hanya membuka setengah hari demi menghormati mereka yang berpuasa tapi ternyata hal ini dijadikan kesempatan untuk bermalas-malasan. Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan karena sesungguhnya arti dari puasa akan kita rasakan ketika kita melakukan kegiatan seperti biasa.

5. Sedih bila ramadhan tiba

Tanpa sadar, beberapa sebagian orang  mengucap “yahh….puasa” bila sobat mendengar kalimat tersebut terucap, mungkin dikarenakan ia tidak paham betapa pentingnya berpuasa, ada baiknya bila mereka diajak dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selama berpuasa.

6. Mengisi malam-malam ramadhan dengan hal yang dimurkai Allah

Tidak aneh bila dimalam hari di bulan ramadhan malah lebih banyak orang yang keluar untuk mencari hiburan, pedahal saat itu di mesjid telah berkumandang adzan tarawih. Tarawih memang tidak mutlak harus dilaksanakan tapi tidak lengkap puasa seseorang tanpa melakukan tarawih, apalagi telah dijanjikan amalan yang lebih besar dari shalat-shalat di bulan biasanya. Atau begadang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, atau Begadang untuk sahur, pedahal Rasulullah menganjurkan sahur pada akhir malam sebelum terbit fajar

7. Hanya menahan lapar dan haus

Berpuasa memang menahan lapar dan haus, tapi esensi dari puasa itu sendiri bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menjauhkan diri dari hal-hal yang dimurkai Allah SWT sehingga puasa merupakan pembenahan diri agar lebih dekat dengan Allah SWT.

8. Meninggalkan shalat tarawih

Shalat tarawih adalah salah satu cara mendekatkan diri pada Allah SWT. Sangat disayangkan bila di bulan puasa kita meninggalkan shalat tarawih karena shalat tarawih memiliki amalan yang lebih besar dari shalat dibulan-bulan lainnya.

9. Berbuka dengan sesuatu yang haram

Bila waktunya berbuka, bukan berarti kita berbuka dengan apapun asalkan membatalkan. Seperti berbuka dengan rokok, minuman yang memabukkan, berbuka dengan sesuatu yang didapat dengan haram.

10. Melakukan perjalanan agar bisa berbuka puasa dengan alasan musafir

Memang dikatakan, para musafir diberikan kemudahan ketika datang bulan puasa. Mereka yang melakukan perjalanan dalam bulan puasa diperbolehkan tidak berpuasa selama perjalanan tetapi pada hakekatnya mereka diwajibkan mengganti puasa mereka di bulan-bulan setelahnya. Jadi tidak ada satu alasanpun bagi kita untuk mengabaikan puasa.

11. Melalaikan shalat wajib

Jangan sampai kita melalaikan shalat wajib baik ketika bulan puasa maupun bulan-bulan lainnya, karena shalat merupakan tiang agama.

Kata yang ngasih artikel ini dari : Panduan dan koreksi ibadah di bulan ramadhan, Arif Fathul Ulum, Majelis Ilmu, http://salafiyunpad.wordpress.com

    • ¤ HILAL ALIFI
    • Agustus 9th, 2010

    salam kenal.:)

    sekedar berbagi sesuatu tentang ramadhan: http://curusetra.wordpress.com/2010/08/05/menyehatkan/

  1. ok, maaf lahir batin ya
    selamat puasa,

    artikelnya menambah masukan banget nih, trims

  2. barokallahu fikum

  3. memang bener mbak ..banyak dari kita yang puasa hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja, tiap tahun hanya gitu-gitu saja g ada perubahan yang berarti ..semoga kita mah dilindungi dari sifat yang seperti itu y mbak..amiin🙂

  4. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan🙂

    Maafin dyka ya

    Salam *sungkem 10 jari*]
    🙂

  5. trims uda diingatkan….moga kita menang di ramadhan kali ini. amin

  6. Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1413 H, ijinkan saya memohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya jika ada salah dan khilaf..

    Marhaban Yaa Ramadhan…..

  7. Kalau di pikir-pikir benar juga yah … terkadang kita lalai tanpa di sengaja ..

    Selamat MENJALAKAN IBADAH PUASA ….

    Salam Persahabatan Blog dari Kalimantan Tengah.

  8. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan mbak, Mohon Maaf atas segala salah dan khilaf baik yang saya sengaja maupun tidak.
    tetap semangat, biar ibadahnya makin OK😀
    terimakasih

  9. sangat bermanfaat buat ane mbak, met berpuasa,,,,

  10. Mksh ya atas pencerahannya, bermanfaat bgt nih artikelnya…
    slm knl ya sobat..

  11. Maaf lahir batin…
    Selamat berpuasa.
    Ini memang info yang mencerahkan juga bermanfaat…🙂

  12. Poin 11 kelihatannya termasuk yang paling parah. Semoga kita bisa terus menerus memperbaiki diri.
    Semoga kita dapat menjalani shaum Ramadhan dengan ikhlas sampai tuntas sehingga mengangkat kita kepada derajat taqwa.

  13. berkunjung berkunjung..

    libur komen dlu ya..

    mo ngucapin met menunaikan ibadah puasa semoga menjadikan berkah buat semua.. mengucap maaf juga dari KaMay & Keluarga jika ada salah baik kata ato lainnya..

    terima kasih
    KaMay..
    http://kanvasmaya.wordpress.com/

  14. Artikelnya menarik mbak, semoga bisa menjadi refleksi diri terhadap apa yang dilakukan, terima kasih and selamat menunaikan ibadah puasa.

  15. poin 3,4 dan 7 kayaknya yang paling sering kita dapati pada diri atau juga pada orang lain😀

  16. yup…bener tu….
    thanks udah berkunjung..

  17. wah puasa pahala bisa berlipat ganda, tapi ingat dosa juga bisa lo

  18. selamat berpuasa mbak🙂

  19. yang no. 11 itu paling fatal.

    Puasa itu harus ikhlas artinya meluruskan niat untuk ibadah kepada Allah, bukan supaya di puji calon mertua.
    Puasa juga harus dilakukan dengan benar, oleh karena itu harus mengetahui hukum-hukumnya agar puasanya syah.
    Jika tak ikhlas dan tak benar maka puasanya sia-sia dan memang hanya akan dapatkan haus dan lapar belaka,\.
    salam hangat dari Surabaya

  20. No.3 yg bkin msjid pnuh di bulan Ramadhan doang…. oops..,😮
    tapi semoga saya ga termasuk golongan orang2 kyk gt, nauzubilah….
    Selamat menunaikan ibadah puasa..

  21. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan. Semoga puasa kita tahun ini lebih berkualitas.

  22. hmmph…mbakyu…susah sekali sih mo kasih komen ke sini…
    hehe…
    bener2 deh…padahal beberapa hari yg lalu aku hampir jadi the first…karena pas baca blm ada yang kasih komen…tapi connect nya itu…walah2…
    btw nice post…banyak yang kesindir tuh di belakang *belakang sapa ya?*
    semoga ramadhan ini menjadikan kita pribadi yang lebih baik…amiin
    btw aku link ke blog ku ya……?

  23. seharusnya semalam sebelum hari ramdhankita merenung. kita beruntung dapat bertemu bulan yang mulia ini. betapa beruntungnya kita. lalu kita rencanakan mau kita isi apa ramdahan ini agar bermanfaat. puasa pasti tapi selanjutnya amal apa yang kita pakai untuk mengisiwaktu yang sangat berharga ini?

    • hellgalicious
    • Agustus 13th, 2010

    semoga kita dijauhkan dari perbuatan perbuatan diatas
    dan semoga puasa kita diterima oleh Allah swt
    aminnn

  24. saling mengingatkan untuk kebaikan adalah hal mulia..
    selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima allah swt, amin
    Sukses Slalu!

  25. Dengan berpuasa, kita dituntun oleh Allah agar menjadi orang bertaqwa. So, jangan sia-siakan waktu puasa ini. Isi hal yang positif.

  26. iya bnr bgt sob…………..makasih udah diingetkan………….

  27. Ramadhan kali ini mudah-mudahan full ibadah dan no maksiat.

  28. Selamat siang temanku yang baik…

    DIRGAHAYU RI 65 – Salam Generasi Muda Bangsa Indonesia

    Semangat ~ Sehat ~ dan Sukses Selalu😀

    Salam…

  29. Terima kasih ats pencerahannya
    Met nikmati lezatnya sajian Ramadhan🙂

  30. mudah2an dengan berpuasa kita bisa menjadi manusia yang lebih baik… lahir dan batin ya mbak..’
    selamat berpuasa…🙂

  31. Alhamdulillah…, terima kasih banyak ya… telah mengingatkan. Berguna banget tulisan ini. Oke, salam kenal dan selamat berkarya.

  32. setuju

    dan ga perlu dikomentari lagi😀

  33. Assalmu’alaikum salam kenal ya..bagus artikelnya perlu dingat selalu, btw tukerin bolehkan…

    • hellgalicious
    • Agustus 20th, 2010

    ayo di apdet dulu blognya
    hehehe

  34. selamat berpuasa….

  35. Trima kasih, artikelnya keren. Dan salam kenal😀

  36. begini cara ngaji yang cepat, padat dan manfaat

    posting bagus!!!!

    • Rizal Islami
    • September 1st, 2010

    subhanallah………..

  37. terimakasih sharing ilmunya, semoga ibadah kita diterima Allah SWT.. amin…

  38. Wah sepertinya ramadhan tahun masih banyak kesalahan…, semoga di tahun mendatang akan lebih baik…,

  39. Artikelnya muanta Dik Ok…met puasa yah

  40. minal aidin wal faidzin…
    semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang fitrah dan meraih kemenangan…Amin
    nyuwun pangapunten sagunging kalepatan

  41. meskipun repost…
    tp OK lah

    • b7
    • Maret 9th, 2011

    ane prnh lupa.minum disiang blong.gpp kn?,ga sngja.hehe
    nice share ..slm knl ya.kunjungan prdna nih😀
    Free Ebook | Free Software | Bisnis Online | Trick-Tips.thks u

    ok : gpp kan ga sengaja dimaafkan dong🙂 salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: