Pembukaan CPNS 2010 untuk SMU/SMK

Pembukaan CPNS BASARNAS 2010

Terbuka untuk S-1, D-III dan SMU/SMK

I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia.
2. Memiliki ijazah S-1, dan D-III baik dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), dan apabila berstatus diakui maupun terdaftar harus berijazah ujian negara / terakreditasi.
3. Memiliki ijazah SMK/SMU Negeri atau Swasta yang berstatus diakui.
4.Bagi yang memiliki ijazah S-1, dan D-III diutamakan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat / TOEFL, dan dapat mengoperasikan Program Komputer Ms. Office.
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
7. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri/Anggota TNI / POLRI.
8. Berkelakuan Baik.
9. Sehat Jasmani dan Rohani.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Bagi yang memiliki ijazah S-1, D-III, dan SMK yang bukan melamar sebagai Rescuer, pada tanggal 1 Desember 2010 berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas tahun) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun.
2. Khusus bagi yang memiliki ijazah SMK/SMU YANG MELAMAR SEBAGAI RESCUER, pada tanggal 1 Desember 2010 berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun, dan setinggitingginya berusia 25 (dua puluh lima) tahun.
3. Bagi pelamar sebagai Rescuer, memiliki tinggi badan sebagai berikut:
a. Untuk pelamar pria, tinggi badan minimal 163 cm serta memiliki berat badan normal;
b. Untuk pelamar wanita/perempuan tinggi badan minimal 155 cm serta memiliki berat badan normal.
4. Bagi pelamar sebagai Rescuer, wajib mampu berenang dan apabila dinyatakan diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional wajib menyerahkan Foto copy Sertifikat Renang.
5. Bagi yang berijazah S-1 dan D-III, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh puluh lima).
6. Bagi yang berijazah SMK/SMU, memiliki Nilai Ijasah sekurangkurangnya
rata-rata 6 (enam).
7. Tidak bertato
8. Tidak bertindik, terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat;
9. Khusus bagi pelamar sebagai Rescuer, belum menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS.
Catatan :
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan nilai IPK dan Nilai Ijazah tertinggi dan kompetensi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar yang memenuhi persyaratan melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.
III. FORMASI CPNS BADAN SAR NASIONAL TAHUN 2010 SELENGKAPNYA (TERMASUK KODE KUALIFIKASI PENDIDIKAN,
KODE JABATAN YANG DILAMAR SERTA KODE UNIT KERJA YANG DILAMAR) DAPAT DILIHAT PADA LAMPIRAN PENGUMUMAN INI.
IV. KETENTUAN PENDAFTARAN
A. UNTUK LULUSAN S-1, D-III dan SMU/SMK NON RESCUER YANG MELAMAR UNTUK FORMASI KANTOR PUSAT BADAN SAR NASIONAL
1. Untuk lulusan S-1, D-III, dan SMK yang melamar untuk Formasi Kantor Pusat Badan SAR Nasional yang meliputi unit kerja Sekretariat Utama (Biro Perencanaan dan Kerjasama Teknik Luar Negeri, Biro Hukum dan Kepegawaian, Biro Umum, Pusat Data dan Informasi, dan Inspektorat), Deputi Bidang Potensi SAR (Direktorat Sarana dan Prasarna, dan Direktoat Diklat dan Pemasyarakatan SAR), dan Direktorat Bidang Operasi SAR (Direktorat Operasi, dan Direktorat Komunikasi), LAMARAN DIKIRIMKAN KE KANTOR SAR JAKARTA melalui PO BOX 1110-BUSH, serta paling lambat diterima tanggal 4 Oktober 2010 Cap Pos.
2. Berkas Administrasi Lamaran terdiri dari:
a. Surat Lamaran ditulis tangan oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada:

KEPALA
BADAN SAR NASIONAL Up. Tim Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun 2010 di Jakarta;

b. Pas Foto berwarna terbaru berlatar belakang merah (untuk S-1) dan berlatar belakang warna biru (untuk DIII dan SMU/SMK), dengan ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar;
c. Foto Copy Kartu Pencari Kerja yang masih yang berlaku yang dikeluarkan oleh instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan;
d. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
e. Foto Copy Transkip Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sah;
f. Foto Copy Sertifikat Kursus yang pernah diikuti, jika ada;
3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu) jabatan formasi yang tersedia.
4. Pada Amplop Berkas Administrasi Lamaran dicantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar pada Bagian Kanan Atas Amplop.
5. Pelamar yang melamar lebih dari satu jabatan formasi yang tersedia, atau tidak mencantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.

B. UNTUK LULUSAN S-1, D-III DAN SMU/ SMK YANG MELAMAR
UNTUK FORMASI PADA KANTOR SAR

1. Pendaftaran hanya dilayani sejak tanggal 20 September s/d 4 Oktober 2010, dan dialamatkan kepada:
a. Kantor SAR Medan, dengan PO BOX 1110 Medan 20131
b. Kantor SAR Jakarta, dengan PO BOX 1110
c. Kantor SAR Surabaya, dengan PO BOX 116 Sidoardjo;
d. Kantor SAR Denpasar, dengan PO BOX 1093 TBB 80362
e. Kantor SAR Makassar, dengan PO BOX 14 MSDY
f. Kantor SAR Biak, dengan PO BOX 238 Biak
g. Kantor SAR Banda Aceh, dengan PO BOX 178 Banda Aceh;
h. Kantor SAR Padang, dengan PO BOX 398 Padang;
i. Kantor SAR Pekanbaru, dengan PO BOX 1384 Pekanbaru
j. Kantor SAR Tanjung Pinang, dengan PO BOX X Tanjung Pinang
k. Kantor SAR Palembang, dengan PO BOX 1210 Palembang
l. Kantor SAR Mataram, dengan PO BOX 204 Mataram
m. Kantor SAR Semarang, dengan PO BOX 1310/ SM Semarang
n. Kantor SAR Kupang, dengan PO BOX 01 Kupang Airport NTT 85361
o. Kantor SAR Pontianak, dengan PO BOX 7892 Pontianak
p. Kantor SAR Banjarmasin, dengan PO BOX 1117 Banjarbaru 70700
q. Kantor SAR Balikpapan, dengan PO BOX 001 Balikpapan
r. Kantor SAR Kendari, dengan PO BOX 115 Kantor Pos Kendari 93000
s. Kantor SAR Manado, dengan PO BOX 01 Airmadidi 95371
t. Kantor SAR Ambon, dengan PO BOX 1024
u. Kantor SAR Sorong, dengan PO BOX 233 Sorong 98417
v. Kantor SAR Jayapura dengan PO BOX 291 Sentani Jayapura
w. Kantor SAR Timika dengan PO BOX 1500
x. Kantor SAR Merauke dengan PO BOX 185 Merauke
2. Berkas Administrasi Lamaran terdiri dari:
a. Surat Lamaran ditulis tangan oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada: KEPALA BADAN SAR NASIONAL Up. Tim Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun 2010 Kantor SAR …….. (diisi sesuai dengan Lokasi Kantor SAR yang dituju/dilamar);
b. Pas Foto berwarna terbaru berlatar belakang merah (untuk S-1), dan berlatar belakang warna biru (untuk DIII dan SMU/SMK) ukuran 3 x  sebanyak 2 (dua) lembar;
c. Foto Copy Kartu Pencari Kerja yang dikeluarkan oleh instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan;
d. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
e. Foto Copy Transkip Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sah (bagi S-1 dan D-III), nilai Ijazah (bagi SMU/SMK);
f. Foto Copy Sertifikat Kursus yang pernah diikuti, jika ada.
3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu) jabatan formasi yang tersedia.
4. Pada Amplop Berkas Administrasi Lamaran dicantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar pada Bagian Kanan Atas Amplop.
5. Pelamar yang melamar lebih dari satu jabatan formasi , atau yang tidak mencantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.
V. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI
A. UNTUK LULUSAN S-1, D-III DAN SMU/SMK NON RESCUER
1. Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur melalui tahapan sebagai berikut:
a. Hasil seleksi administrasi direncanakan akan diumumkan pada tanggal 11 Oktober 2010, dan dapat dilihat pada papan pengumuman atau melalui media
lain yang ditetapkan oleh masing-masing Kantor SAR.
b. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 13 s/d 15 Oktober 2010;
c. Tempat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Tertulisbagi lulusan S-1 dan D-III yang melamar untuk mengisi Formasi pada Kantor Pusat Badan SAR Nasional akan ditetapkan oleh panitia dan diumumkan melalui papan pengumuman pada Kantor SAR Jakarta, dan/atau www.basarnas.go.id.
Adapun bagi lulusan S-1, D-III dan SMU/SMK non rescuer yang melamar untuk mengisi Formasi pada Kantor SAR, tempat pengambilan Tanda Peserta
Seleksi Tertulis dilakukan pada masing-masing Kantor SAR tempat mendaftar;
Catatan :
Pada saat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Tertulis, pelamar wajib datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan serta diwajibkan membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) dan pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang berwarna merah (bagi S-2/S-1) atau berwarna biru (bagi D-III dan SMU/SMK) ukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar dengan mencantumkan nama dan jabatan yang dilamar di balik pas foto;
d. Seleksi Tertulis, terdiri dari TES KOMPETENSI DASAR (TKD), yang meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Skala Kematangan (TSK) serta TES KOMPETENSI BIDANG (TKB), berupa Tes Substansi (TS) mengenai Badan SAR Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2010;
e. Seleksi Keahlian dan Keterampilan (wawancara), bagi peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis Tingkat Sarjana (S-1) direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 10 November 2010, dengan lokasi akan
diumumkan kemudian.
2. Nama Peserta yang dinyatakan lulus pada tiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan-papan pengumuman pada masing-masing Kantor SAR dan/atau WEBSITE BASARNAS dengan alamat www.basarnas.go.id.
B. UNTUK LULUSAN SMK/SMU YANG MELAMAR SEBAGAI
RESCUER

Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur melalui tahapan sebagai berikut:
1. Hasil seleksi administrasi direncanakan akan diumumkan pada lokasi Kantor SAR tempat pendaftaran pada tanggal 11 Oktober 2010.
2. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Fisik yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 12 s/d 14 Oktober 2010 dengan bertempat pada Lokasi Kantor SAR yang dilamar.
Catatan :
Pada saat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Fisik, pelamar wajib datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan serta diwajibkan membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) dan pas foto berwarna
terbaru dengan latar belakang berwarna biru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar dengan mencantumkan nama dan jabatan yang dilamar di balik pas foto.
3. Pelaksanaan Seleksi Fisik dan Test Kesehatan Dasar akan dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 18 Oktober 2010 dengan sistem gugur yang meliputi:
a. Pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan;
b. Pemeriksaan postur tubuh, yang mencakup Kepala/ muka termasuk panca indera, bahu, tulang belakang/punggung, dada, perut, panggul, lengan, tangan dan jari, tungkai bawah, dan telapak kaki dan jari,
c. Pengamatan tipe tubuh, sikap dan gerak tubuh;
d.Pemeriksaan kesehatan, yang meliputi kesehatan jantung,  mata/penglihatan, dan paru-paru;
e. Kemampuan lari;
f. Kemampuan pull ups;
g. Kemampuan push ups;
h. Kemampuan sit ups;
i. Kemampuan shuttle runs;
j. Kemampuan renang;
k. Test Phobia ketinggian.
4. Pelamar yang lulus Seleksi Fisik dan Test Kesehatan Dasar direncanakan akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2010 di masing-masing lokasi Kantor SAR yang dilamar.
5. Pelamar yang lulus Seleksi Fisik dan Test Kesehatan Dasar akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 20 s/d 22 Oktober 2010 dengan bertempat pada masing-masing Kantor SAR.
6. Pelamar yang lolos Seleksi Fisik dan Test Kesehatan Dasar, berhak mengikuti Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2010 berupa TEST KOMPETENSI DASAR (TKD), yang meliputi Test : Pengetahuan Umum (TPU), Test Bakat Skolastik (TBS) dan Test Skala Kematangan (TSK).
VI. PENGUMUMAN AKHIR PELAMAR S-1, D-III, SMK/SMU YANG
DINYATAKAN LULUS DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS BADAN SAR
NASIONAL DIRENCANAKAN AKAN DILAKSANAKAN PADA

TANGGAL 20 November 2010 MELALUI WEBSITE www.basarnas.go.id serta papan pengumuman pada Kantor SAR.
VII. KEWAJIBAN PENYAMPAIAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI BAGI PELAMAR YANG DINYATAKAN LULUS AKHIR DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS BADAN SAR NASIONAL
Pelamar yang dinyatakan lulus akhir dan diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional selambat-lambatnya pada tanggal 27 November 2010 wajib menyerahkan kelengkapan administrasi untuk proses pengangkatan sebagai CPNS, berupa:
1. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan huruf balok oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam serta mencantumkan kualifikasi pendidikan beserta kode pendidikan dan jabatan yang dilamar beserta kode jabatan, dan dibubuhi materai Rp. 6.000,– yang ditujukan kepada Kepala Badan SAR Nasional u.p Panitia Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2010 di Jakarta.
2. Salinan / Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dan Transkrip Nilai. (PERHATIAN: Surat Keterangan Lulus Sementara tidak
berlaku)
3. Fotokopi Surat Keterangan Pengalaman Kerja bagi yang sebelumnya telah memiliki pengalaman kerja.
4. Daftar Riwayat Hidup.
5. Pas Foto berwarna terbaru berlatar belakang warna merah (bagi pelamar S-1) dan berlatar belakang warna biru (bagi pelamar SMK/SMU Plus) ukuran 3 x 4 sebanyak 10 (sepuluh) lembar dengan mencantumkan nama dan jabatan yang dilamar dibalik pas foto.
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter pemerintah dan hasil check-up kesehatan yang biayanya ditanggung sendiri oleh pelamar, yang meliputi :
1) Pemeriksaan Fisik Umum;
2) Laboratorium:
(a) Darah Lengkap:
– HB
– Eritrosit
– Hematokrit
– Lekosit
– Trombosit
– LED
– Diffo Count
(b) Kimia Darah:
– Faal Hati : SGOT, SGPT
– Faal Ginjal : Bun, Kreatinin, Asam Urat
– Analisa Lemak : Kolesterol Total, Tricliserida, HDL,
LPL
– Diabetes : GDS
(c) Urine Lengkap
3) Radiologi:
– Foto Thorax
4) Tidak buta warna.
8.Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/Menggunakan Narkotika/Psikotropika, dan zat adiktif lainnya dari dokter pemerintah yang berwenang.
9. Kartu Pencari Kerja yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Instansi yang bertanggungjawab di bidang Ketenagakerjaan.
10. Khusus pelamar SMK/SMU sebagai Rescuer menyerahkan Foto copy Sertifikat Renang dengan terlebih dahulu menunjukkan aslinya.
11. Surat Pernyataan Bersedia Tidak Pindah ke Unit Kerja / Instansi Lain, minimal 5 (lima) tahun sejak masa Pengangkatan CPNS ditulis tangan dengan huruf balok oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam dan dibubuhi materai Rp. 6.000,00.
12. Surat Pernyataan Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Badan SAR Nasional apabila setelah diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional mengundurkan diri.
13. Surat Pernyataan bersedia untuk mengikuti Diklat Dasar SAR dan mematuhi segala ketentuan yang terkait dengan penyelenggaraan Diklat Dasar SAR.

VIII. KETENTUAN LAIN-LAIN

1. Surat Lamaran yang dikirim kepada Badan SAR Nasional sebelum adanya pengumuman ini dinyatakan dan dianggap tidak berlaku.

2. Panitia tidak melayani lamaran yang diserahkan secara langsung selain melalui PO BOX yang telah ditentukan.
3. Dalam seleksi pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2010, pelamar tidak dipungut biaya apapun.
4. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang dibebankan kepada para pelamar yang mengatasnamakan panitia.
5. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi atau yang pemberkasannya telah diproses untuk penetapan NIP di BKN, atau telah menjadi CPNS Badan SAR Nasional tetapi tibatiba mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Badan SAR Nasional sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) secara tunai, untuk disetorkan ke Kas Negara.
6. Pelamar diwajibkan proaktif untuk memantau informasi lanjutan mengenai pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2010 ini melalui informasi resmi yaitu website dengan alamat www.basarnas.go.id serta papan pengumuman yang ditunjuk pada lokasi Kantor SAR, sehingga apabila terjadi
kelalaian pelamar tidak mengikuti perkembangan pelaksanaan pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2010, maka menjadi tanggung jawab pelamar dan Panitia Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional tidak bertanggungjawab atas kelalaian pelamar dimaksud.
7. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
8. Panitia tidak melayani pelamar baik secara langsung maupun telepon atapun melalui surat menyurat di luar melalui PO BOX yang telah ditentukan. Jakarta, 20 September 2010
SEKRETARIS UTAMA SELAKU KETUA PANITIA PENGADAAN CPNS BADAN SAR NASIONAL FORMASI
TAHUN 2010
ttd
Drs. MAX RULAND B, M.M, M.Sc
Pembina Utama (IV/e)

  1. wes mangstabf ingpohnya thanks ok, sepertinya banyak yang minat nih

    ok :mudah2an cpns bwt sma dan sederajat ini bisa membantu sodara kita yg mau jadi pns

  2. Salam persohiblogan

    Lama tak bersua. Maaf karena kesibukan membuat saya sulit BW.
    Baru sempet nih, itu pun sekedar sapaan sembari lewat.🙂

    Mohon Maaf Lahir & Bathin

    ok :gpp kang, sudah sempat berkunjung aja saya dah seneng😀 bisa dimengerti kok namanya jga pengantin baru hihihi…

  3. nah… info yg kayak gini yg pasti laku keras hehehe…
    mantab bgt tuch😀

    ok :laku lunak aja deh…jgn keras2 ntar giginya copot hihihi…

  4. br th klo SAR itu PNS
    :-s

    ok :sama hehehehe…:p

    • manies
    • Oktober 1st, 2010

    npa banyk x prsyaratanx…………………………cape dech

    ok :hahahahaha….ya begitulah

  5. makasih infonya mba’e

  6. sepertinya peserta CPNS dari jambi harus ikutan tes di kantor palembang nih

    • widyatun
    • November 15th, 2010

    mnt tlong y bwt dksh tau pendftran cpns bwt gel bsok

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: