Croping Menggunakan Tool Extract Photoshop

fiuuhhh…ini postingan akhirnya publish juga, rencana bikin serial croping menggunakan xara terus croping menggunakan adobe, croping menggunakan corel tapi baru kesampean di publish sekarang hehehehe…maklum minggu-minggu setelah libur waktunya beres-beres arsip kerjaan walaupun ga ada kerjaan *terus apanya yang diberesin hehehehe… Btw, komen-komen juga jadi terbengkalai ga dijawabin hehehehe…biasanya juga gitu tapi asa teu enak euy hehehe…

Ok, kita mulai tutorialnya😀

1. Siapin foto yang mau di croping, uuhhh udah ga ada stock foto jadi ga pake gambar penjelasan ya atau ada yang mau sumbang foto?😛 Buka foto, file > open

2. Pilih menu filter > extract , kemudian pilih edge highlighter tool yang terletak di pojok kiri atas dari menu extract. Highlight bagian tepi/pinggir dari bagian yang mau diambil, pastikan bahwa tidak ada garis yang terputus > pilih fill in bucket tool (ada di bagian bawah edge highlighter tool), bagian yang tertutup oleh fill in bucket adalah bagian yang akan diambil, bagian yang berada di luar fill in bucket adalah bagian yang akan terbuang/terhapus

3. Jangan lupa untuk mencentang smart highlight dengan efek seperti magnetic marque tool

4. Setelah di isi dengan fill in bucket tool, kita klik preview untuk melihat hasil croping, apakah sudah seperti yang kita inginkan atau belun. Dalam preview kita bisa memperhalus croping dengan menggunakan clenup tool dan edge touchup tool untuk membersihkan dan menghaluskan bagian-bagian yang kompleks

5. Setelah dirasa hasil crop cukup, sekarang klik ok

6. Secara garis besar foto sudah ter-croping, hanya tinggal kembali menghaluskan bagian-bagian yang perlu dihaluskan/di rapihkan. Hapus bagian-bagian crop yang kasar dengan eraser

7. Gunakan filter > gausian blur untuk memperhalus crop

8. Select bagian yang masih kasar, tambahkan feather dengan mengklik (untuk adobe photoshop CS3 dsb) select > modify > feather / select > feather (untuk adobe photoshop dibawah CS) kemudian tambahkan  gausian blur. Untuk nilai feather dan gausian blur bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Done  :D

Selamat berkreasi😀

  1. Ilmunya Segera dipraktekkan.

  2. makasih infonya🙂

  3. binggung mengikutinya, ngak ngerti-ngerti juga😛

  4. Aku tahunya hanya croping doang, itupun menggunakan GIMP.

  5. ane sring pake potosop..🙂

  6. mksh banget infonya, tp belum langsung bisa cobani ….ijin dicopy dulu ya bolehkan?

  7. di bookmark dulu… tar dipelajari pelan-pelan

  8. Crop meng-crop memang paling vital di urusan foto2 ya hehehe…
    Saya sendiri tidak pernah familiar dengan photoshop…

  9. boleh di coba tuh😀

  10. wah terimkasih banyak ni atas infonya….
    saya jadi tau meskipun sedikit tentang multimedia….he..he…he..

  11. wah saya jadi tau meskipun sedikit tentang multimedia….he..he…he..
    keren tipsnya…

  12. nice tutorial kawan…

  13. Aku msih baca2 aja dulu karena masih kurang familier dengan sotosop😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  14. mantab bgt dech tutorialnya…..
    makasih yach… lumayan nich buat nambah2 pengetahuan😀 hehehe

  15. ditunggu tutorial yang lainnya y mbak ok..mbak ok memang ok banget hehe

  16. wow, nambah ilmu ku lg nih…

  17. aku baru tau soal itu sob… aku save dulu ya bwt aku plajari

  18. asal jangan disalahgunakan low

  19. Saya suka pake photoshop!
    Nice share!

  20. wah, kamu canggih banget ya, bisa xara juga…mudah2an saya bisa belajar, niru2…he he he

    salam hangat dari Malang

  21. saya kepingin bisa photoshop, dibela-belain beli buku tutorial tapi bawaannya males…🙂
    terimakasih tutorialnya ya…
    Salam

  22. sis, saya pakai cara ini, kalo saya mo hilangin backgournd gambar

    • genksukasuka
    • Oktober 9th, 2010

    salm knal ja deh g ngerti

  23. wah, satu lagi tutorial photoshop… thx bwat info nya pak… =)

  24. berhubung sya tdk bisa photoshop..saya menyatakan ini kunjungan balik saya..

  25. Thanks tutorialnya… Salam kenal
    Photosop emang keren…

  26. Penjelasan yg singkat dan bermanfaat

  27. Seep la sotoshop emang sangat membantuku bekerja

    ok :paling enak buat bikin berkas penipuan…eeh…edit foto hihihihi…

  28. saya pengen banget bisa photosop. udah sering latihan tapi sering juga gagal hehe..
    makaaasih infonya🙂

    ok :
    tapi ttp semangat belajarkan mbak😉

  29. ..
    makasih tutornya ya..😉
    ..

    ok :
    makasih kunjungannya kang

  30. Nice tips
    Terus berbagi yang bermanfaat mbak

    ok : siappp kang!!😛

  31. Alhamdulillah dari g mudeng jadi mudeng meskipun cuman dikit…:mrgreen:

    ok : hihihihihi…lumayanlah:mrgreen:

  32. cara lain croping yach ? biasanya saya gak pake yg ini. tapi patut dicoba. thx

    ok :
    yup cara lain…ada banyak cara, salah satunya ini kang

  33. infonya bagus,,😀
    lam kenal yaa

    ok : selamat datang mbak edda😀

  34. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ok : wah…perlu nih, belajar bisnis😀

    • hellgalicious
    • Oktober 14th, 2010

    teknik cropping sebenarnya sederhana sih
    kalo saya biasa make xnview ato paint klo buat ngecrop gambar
    hehe

    tutorialnya bermanfaat nih!

    ok : emang banyak caranya😀 sesuai dengan kebiasaan aja pke software yg mana

  35. sedikit demi sedikit belajar dari sini lama² saya bisa jadi terbiasa
    thanks brad

    ok : sama2 kang, saya jga dpt ilmu banyak dari kang

  36. weeh….izin copy ya infonya..
    hatur nuwun & salam sejahterah

    ok : monggo dikopi, ini pisgornya hehehehe…salam sukses ya kang

  37. coba ah…

    ok : cobain kang, ada rasa coklat, strawbery, vanila…

  38. sip sip,, bisa blajar bnyak ni buat edit poto😀

  39. cocok untuk yang suka ganti kepala orang dengan kepala2 lainnya…… hhe

  40. Segera di praktek kan bos:)

  41. syukron kunjungannya ya mbak…dinanti ni apdet postingannya…🙂

  42. Wah info menarik nih, meski aku gak biasa pake edit foto yang jelimet seperti ini tapi aku bisa sedikit belajar biar gak kuper😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  43. tutorialnya keren mbak….😀

  44. Waah…. ilmu penting ini. Makasih banyak ya….

  45. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  46. mangTAB😀

  47. Mbak, “croping”-nya salah tulis, p-nya kurang satu, jadi “cropping”.🙂

    ok : o ya, makasih dibenerin😀

    • inno
    • Desember 2nd, 2010

    pak klo cs 5 gm yah, aga bingung neh?

    ok : pakkkk!!! *histeris*
    sama aja kok yg penting pke photoshop😉

  48. keren… ternyata emang mendalami dunia desain ya🙂
    makasih ya sharing pengetahuannya🙂

    ok : saya suka banget sama desain, sayangnya ga bisa terjung langsung di dunianya😀

    • ernels
    • Oktober 23rd, 2011

    eh koq sotosop ane ga ada extract ya??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

