Trauma

Letih… tak bersemangat… putus asa… merasa bersalah… gelisah… gak bisa tidur… sedih… perasaan yang berkecambuk… cemas… sulit berkonsentrasi…

Ah, saya bukan lagi ngomongin perasaan seindah cinta/perasaan sesedih putus cinta/perasan sehancur ketika mendapati KDRT, tapi ini adalah perasaan yang acap kali mampir mengusik hati ketika mengingat kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan hati.

Dilupakan? sudah… tapi tak bisa lupa tapi toh manusia pergi hanya meninggalkan kenangannya. Di ikhlaskan? sudah, walaupun sulit tapi tetap berusaha di ikhlaskan dan menjadikannya bagian dari proses kehidupan. Di maafkan? sudah, tapi toh kalimat maaf yang terucap tidak selancar perasaan hati yang siap menerimanya. Apakah perasaan yang saya alami ini trauma hingga sulit sekali diri ini menjadi tenang? hmmm…

Ciri-ciri trauma (sumber: google) :

1.  Sering mengalami mimpi buruk

2. Merasakan pikiran – pikiran yang menakutkan tentang kejadian yang pernah dialami

3. Berusaha menghindari segala sesuatu yang mengingatkan pada kejadian

4. Merasa dingin secara emosional

5. Tidak peduli/sulit untuk percaya pada orang lain

6. Sulit tidur

7. Kehilangan minat pada aktifitas yang biasa dilakukan

8. Perasaan bersalah

9. Mudah marah atau agresif

10. Sulit berkonsentrasi

11. Takut berada di ruang publik/tempat yang sepi

12. Cemas

13. Suasana hati berubah-ubah dengan cepat

14. Tangisan/kesedihan yang berulang-ulang

Dan semua itu terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kalau begitu, rupanya saya nggak trauma cuma gelisah menunggu makan siang yang dipesan belum juga datang hihihihihi….

Maka, bersujudlah aku diantara dua ruku malam, diantara hening malam kubisikkan perlahan kegundahan hati yang mengusik, lalu kupasrahkan semua padaNYA tanpa setitikpun keraguan. “Esok pagi aku pasti akan lebih baik” senyumku diantara lipatan kain putih dan sejadah usang.

  1. semoga trauma itu hilang seiring sujudmu kepada sang maha kuasa untuk berserah diri dan mengatur jalanmu kedapan lebih baik.

  2. Alhamdulillah…

    Saya ga pernah merasa trauma. 🙂

    • darahbiroe
    • Mei 24th, 2010

    aku dulu juga pernah trauma kok
    tapi alhamdulillah sekarang sudah gag
    😀

  3. Obat yg terbaik utk penyakit ini mmg hanya satu…pasrah & mengadu ‘kepadaNYA’

    • yanrmhd
    • Mei 24th, 2010

    mendekatlah pada-Nya, dan beranikan diri karena klo tidak dipaksa melewati trauma itu gak akan hilang dengan sendirinya…
    dan harus lebih optimis dan selalu positif… 🙂

  4. saya pernah trauma mbk,,,tapi dari trauma itu dapat saya ambil.hehe

  5. Setiap orang pasti pernah mengalami ya. Mudah2an kalau kita pernah trauma, bisa cepat hilang…

    ok:amin mbak zee…

  6. aku trauma kalau dekat dengan wanita 😀
    dia selalu memberikan sensasi yang berbeda wkwkw 😛
    salam

    ok:sip,aku jauh2 aja deh daripada ada knapa2 hihihihihi….

  7. trauma memang sulit dihilangkan…,
    yang penting jangan mengingatnya terus lambat laun juga akan hilang….,

  8. butuh waktu lama untuk menghilangkan T R A U M A . . . . .

  9. Solat bisa menenangkan kita…karena Dia lah yang tahu akan segalaNya..

    Trauma itu tidak mudah untuk menghilangkannya namun bukan berarti tidak mungkin 🙂

  10. ketika berpasrah pada Allah,semua masalah jadi terasa kecil,semua trauma jadi hilang,karena dengan mengingat Allah hati menjadi tenang 🙂

  11. trauma hanya bisa disembuhkan dengan terapi psikis yang intensif
    makaci ya OK

  12. salam
    makaci artikelnya saya baca abissssss

    • abu ghalib
    • Mei 25th, 2010

    masa kecil saya pernah trauma dengan hujan badai dan petir, alhamdulillah setelah dewasa ga lagi…

  13. trauma? belum pernah alhamdulillah

  14. bantu sesama hilangkan trauma
    dengan cinta

    🙂

  15. Alhamdulillah lum prnah trauma… mga aj ga prnah amin..

  16. sujud dikeheningan malam memberikan ketengan jiwa, menghilangkan resah bahkan penat raga

    ok:betul kang, itu obat yang ga da duanya

  17. alhamdulillah lum pernah mengalami trauma, n semoga aj ga bakal pernah ngalaminnya..

    ok:amin….smoga mbak

    • desicandra
    • Mei 25th, 2010

    Saya pernah tuh trauma sama ulet bulu hiii…sekarang Alhamdulillah tak seberapa ngeri lagi…

    ok:ulet bulukan binatang lucu, bulat montok hehehehe…

    • desicandra
    • Mei 25th, 2010

    Oooh mengapa wajahku yang cantik jadi merengut begitu ya..

    ok:tapi tetep cantik kok 😀

  18. Alhamdulilah… terakhir kali trauma karna mas Trisno 🙂

    xixiixi 🙂 v sekaranggg udahhh felling better 🙂

    ok:wah…begitu ya…hihihihihi…keep that felling

    • omiyan
    • Mei 25th, 2010

    pernah mengalami tapi seiring waktu hilang sendiri …. karena saya berusaha untuk tidak melupakannya dan membiarkannya berlalu

    ok:sip, mungkin cara seperti ini jga bisa dicoba u/menghilangkan trauma

  19. wahh aku juga pernah tuh trauma.. sampe’ takutnya ga kelar2…. hehe

    ok:hehehehehe…

  20. apakah trauma itu sama dengan parno ya sobat?
    sering kali ada yang ngucap kata trauma dengan parno.
    salam kenal sobat,numpang mampir bentar ni.hehe

    ok:trauma bukan cuma parno kecil2an udah jadi masalah serius klo ga segera dihilangkan

  21. aaaamiiiinn..

    *untuk semua doa yang terucap dalam blog ini*

    ok:amin…

  22. ..
    Aku yakin kamu bisa melalui cobaan itu.. 😉
    ..

    ok:makasih dukungannya

    • Bee’J
    • Mei 26th, 2010

    mudah2an rasa trauma jangan menghinggap di hati dan diri saya 😀
    -salam semangat-

    ok:semoga ya kang terhindarkan dari trauma

  23. kayaknya itu memang obat yang mujarab untuk menghilangkan trauma.
    salat tahajjud.. kalau perlu 10 rakaat tiap malem.. ahh rasanya sangat nikmat pastinya

    ok:sholat malam memang selalu jadi andalan u/semua gundah hati 😀

    • rainbroccoli
    • Mei 26th, 2010

    Trauma hanya bisa hilang kalo kita mau melepaskan diri dari ikatan emosi dengan masa lalu….
    Agak sulit memang.. butuh waktu dan kesabaran
    Tapi bisa…
    Salam… 🙂

    ok:klo niat pasti bisa!!

  24. nice posting nih….sorry baru sempat berkunjung balik….sibuk sekali.

    salam

    Jika Lukisan “digoreng”, maka harganya akan mahal

    ok:gpp yg penting semuanya baik2 aja

  25. saya pernah merasakannya 🙂

    ok:smoga tidak terulang lagi/hilang u/slamanya…

    • farus
    • Mei 27th, 2010

    wah kalo aku sampe meneteskan air mata yang tak bisa dibendung sob….

    ok:mungkin dengan bercerita pada org terpercaya bisa mengurangi sedikit trauma, karna dgn begitu akan ada banyak uluran tangan u/menghilangkan trauma

  26. Aku juga punya trauma. Tenggelam ketika kelas 6 SD. Sejak itu aku takut ketika mau berenang. tapi ada rasa untuk segera mengakhiri trauma ini. Dengan melawannya tentunya.

    ok:niat keras bisa melewati semuanya lho…

  27. aiihh… mudah2an saya ga termasuk yang trauma heeee

    ok:aminnn…jgn sampai ya

  28. trauma yg masih hinggap di badan saya sampai saat ini adalah takut gempa, dulu pas di jogja gempa mpe skg pintu rumah gak pernah saya kunci…hehehe,
    gak pa lah buat ngilangi rasa trauma dikit demi sedikit

    ok:hayooo semangat menghilangkan trauma karna hidup must go on

    • andipeace
    • Mei 30th, 2010

    karena saya belum pernah mengalami trauma..ingin tanya ya.. 😀
    apa sih sebab terjadinya trauma..??? maksudnya entah karena faktor fikirannya apa kurang menerima fakta atau gimana..???
    bener-bener saya ga tau.

    salam hangat

    ok: trauma terjadi karena ada kejadian yang menguncang jiwa, bukan hanya karena ga bisa menerima fakta tetapi juga karena kejadian itu menguncang

  29. hadapi saja mba’e klo trauma mah….
    kalo masih ga bisa minta bantuan deh ma gusti Allah SWT

    ok:iya kang,cuma IA yang bisa membantu

  30. salam hangat selalu .

    saya juga pernah mengalami Trauma tapi semua itu kita ambil hikmahnya ….bukannya kita terus lari dari kenyataan itu .

    ok:yups lari dari kenyataan ga kan menghilangkan trauma

  31. wahhhh ciri cirinya banyak banget tuh, harus bisa memenuhi berapa ciri-ciri, sudah bisa dibilang trauma?

    ok: ga harus semuanya mbak karna penyebab trauma&trauma itu sendirikan ada macam2 mbak

  32. hanna jg… ngerti … cos udah hampir setengah tahun hanna kayak gini dan bikin orang jd jauh ma hanna cos hanna jd dingin

    • Nina
    • Desember 9th, 2016

    Sudaah 2 thn trauma ini masih adaaa … kadang menangis keingat masalalu dn kadg merasa takut akan terjadi lagi ..
    Tp sy trs semangat untuk kedepan lebih baik

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar